Apa Itu Septic Tank Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Cara Kerja Septic Tank Yang Belum Diketahui

Cara Kerja Septic Tank – Septic tank merupakan salah satu pendamping dari toilet (WC). Antara kedua jenis hal ini tidak bisa dipisah satu sama lain. Akan tetapi masih banyak yang hanya membuat toilet (WC) tanpa adanya alat tampungan. Hal ini karena kebanyakan masyarakat masih menggunakan sistem lama atau konvensional dan belum mengenal istilah ini. Bahkan banyak yang belum mengetahui cara kerja septic tank yang sebenarnya. Mereka menggunakan sungai atau kali sebagai tempat pembuangannya. Sangat riskan memang jika keadaan ini terus berlanjut karena bisa menyebabkan pencemaran lingkungan.

5 Cara Kerja Septic Tank Yang Belum Diketahui Publik

Toilet atau WC merupakan saluran yang akan menuju septic tank. Anda yang membuang tinja di atas kemudian akan turun ke bawah. Orang kebanyakan hanya mengetahui tentang bagaimana cara membuang tapi tidak tahu cara kerja septic tank tersebut. Berikut akan dijelaskan cara kerja penampungan tinja:

  1. Menampung Tinja

Fungsi utamanya memang menampung tinja jadi wajar kalau kinerja utamanya juga berkaitan dengan tampungan. Awal mula penampungan tinja memang berfungsi sebagai penampung saja sebelum ada hal lainnya. Jadi setelah anda membuang tinja ke toilet atau WC maka arahnya akan ke tempat tampungan ini. Akan tetapi semuanya tidak akan hanya ditampung melainkan akan mengalami proses selanjutnya. Itulah mengapa banyak yang tidak memahami tentang fungsi penampungan tinja ini. Semua hanya berpikir bahwa ini hanya tampungan dan tidak memiliki fungsi lainnya.

Baca Juga :  Fungsi Septic Tank

  1. Mengolah Tinja

Selain menampung ternyata fungsi lainnya adalah mengolah tinja. Memang pada akhirnya hasil pengolahan akan diresap oleh tanah tapi tidak secara langsung. Proses yang dilalui setelah ditampung adalah mengalami pengolahan. Jadi tinja diproses dulu atau diolah sebelum menjadi air limbah dan diserap oleh tanah. Ini untuk menghindari terjadinya pencemaran tanah setelah penyerapan tanpa adanya proses. Tentunya akan memberikan pencemaran tak hanya di tanah namun juga air.

  1. Proses Penguraian Biologis Dan Kimiawi

Dalam penampungan tinja terdapat dua proses penguraian yang perlu anda ketahui. Pertama adalah adanya penguraian biologis dan kedua adalah penguraian kimiawi. Dalam kedua penguraian tersebut melibatkan banyak bakteri yang jumlahnya miliaran. Di alam terdapat 2 jenis bakteri yakni yang aerob dan anaerob. Aerob artinya yang membutuhkan oksigen sedang anaerob yang tidak membutuhkan oksigen. Sistem yang digunakan untuk menguraikan limbah tinja menggunakan dua proses ini. Kinerja keduanya berbeda dalam jenis waktunya. Proses penguraian secara aerob lebih cepat dibandingkan dengan anaerob. Akan tetapi penguraian dengan anaerob mampu menghasilkan energi biogas.

  1. Bakteri Menghasilkan Enzim

Milyaran bakteri yang ada kemudian menghasilkan enzim yang menguraikan limbah tinja. Dalam proses penguraian bakteri membutuhkan waktu yang sangat lama. Lamanya waktu penguraian bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Selama kurun waktu hingga 2 bulan lamanya tidak semua kotoran bisa terurai. Hanya terurai 50% dari limbah selama 2 bulan. Sedangkan dalam kurun waktu lima bulan saja masih terurai hingga 80%.

  1. Mengurangi COD

Untuk masalah COD (Chemical Oxygen Demand) memang tidak bisa diukur dengan cara biasa. Melainkan harus menggunakan alat khusus di laboratorium. Tingkat COD dari limbah tinja mencapai 100.000 (mg/L) yang sangat berbahaya. Sehingga apabila dibuang ke sungai maka bisa mencemari. Karenanya COD dari limbah tinja harus rendah agar tidak menimbulkan pencemaran. Penampungan tinja model sekarang telah mampu merendahkan nilai COD hingga aman untuk diserap oleh tanah. Hasil limbah tidak akan memberikan pencemaran kepada lingkungan sekitar.

Cara kerja septic tank memang tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus memahami kinerjanya agar kalau ada masalah seperti toilet atau WC mampet ada solusinya. Selain menampung fungsi lainnya seperti mengolah sangat memberikan manfaat bagi pemakai. Kalau anda hanya menggunakan yang sistem konvensional maka akan bisa mencemari lingkungan. Produk septic tank ini telah banyak di gunakan contohnya kantor, hotel, Mall termasuk rumah para pembisnis seperti karpet kantor dan jual alat drum band.

Jadi jangan pernah ragu lagi menggunkan paroduk septic tank dan toilet portable dari kami. Karena kami menjual produk – produk berkualitas untuk info pemesanan bisa akses ke website kami di ipalbiosung.com

Satu tanggapan untuk “Apa Itu Septic Tank Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Komentar ditutup.

error: Maaf Tidak Untuk Di Copas Mau Buat Website Dan Optimasi Website Hubungi IyanWeb.Com 0812-8410-4441