Penting Untuk Diketahui Cara Merawat Septic Tank Agar Tidak Cepat Penuh

Cara Merawat Septic Tank Agar Tidak Cepat Penuh

Cara Merawat Septic tank – septic tank adalah tangki yang dibuat untuk membuang limbah kotoran dari kloset. Tangki kotoran atau septic tank harus dirawat dengan baik biar tidak cepat penuh dan menjadi sumber cemaran bagi lingkungan sekitar. Namun kebanyakan orang hanya menganggap septic tank sebagai tepat pembuangan kotoran tidak melakukan perawatan lanjutan. Padahal ada faktor-faktor yang harus diperhatikan, dan cara merawat septic tank agar tidak cepat penuh. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan memberi perawatan secara berkala terhadap septic tank di rumah. Bila septic tank di rawat dengan baik kita akan menghemat beberapa anggaran, seperti anggaran untuk sedot WC. Bila septic tank tidak penuh dan bocor, maka tidak akan terjadi penyebaran bakteri dan virus berbahaya di lingkungan sekitar rumah. Rembesan air septic tank bisa menjadi sumber cemaran untuk air tanah untuk kita minum dan keperluan rumah tangga lainnya.

5 Tips Cara Merawat Septic Tank Agar Tidak Cepat Penuh

Berikut ini adalah usah yang bisa dilakukan untuk merawat septic tank di rumah agar tidak cepat penuh isinya.

  1. Gunakan Septic Tank Sesuai Fungsinya

    Kita semua tahu bahwa septic tank dibuat untuk menampung limbah kotoran dari kloset. Jadi semua yang tidak berasal dari limbah kotoran tidak boleh sampai masuk ke dalam septic tank, seperti sampah. Pembuangan sampah apalagi anorganik ke dalam septic tank dilarang, karena sampah tersebut tidak bisa diuraikan oleh bakteri, seperti detergen, bungkus shampoo dan lainnya. Hindari pembuangan limbah cucian ke dalam kloset, karena akan memenuhi septic tank.

Baca Juga : Cara Kerja Septic Tank

  1. Jangan Melakukan Hal Yang Bisa Mematikan Bakteri

    Bakteri bertugas sebagai pengurai, merubah bahan organic dalam limbah kotoran menjadi unsur hara. Jumlah bakteri yang ada dalam tangki pembuangan sangat banyak bisa sampai jutaan, karena kondisinya memang mungkin untuk bakteri berkembang biak. Semakin banyak bakteri penguraian kotoran akan semakin efisien atau cepat. Dengan melihat pentingnya fungsi bakteri, jangan sekali-kali melakukan hal yang bisa membunuh bakteri yang ada di dalam septic tank. Hal tersebut sebagai salah satu cara merawat septic tank agar tidak cepat penuh. Contoh perbuatan yang bisa membunuh bakteri yaitu, menuangkan sabun, detergen, membuang air cucian pakaian, menuangkan desinfektan, menuangkan cairan pemutih.

  1. Hindari Menyiram Kotoran Berlebihan

    Gunakan air seperlunya, se bisa mungkin hindari menggelontor kloset dengan air yang terlalu banyak. Walau tujuannya adalah membuat kloset bersih, namun jika hal itu terjadi terus menerus akan membuat septic tank kita penuh dengan air. Hal tersebut akan menyebabkan septic tank cepat penuh, dan jumlah air yang banyak dalam septic tank akan mematikan bakteri di dalam nya.

  1. Menambahkan Bakteri Pengurai

    Seperti yang sudah kita bahas pada tips sebelumnya, mengenai fungsi bakteri pengurai di dalam septic tank sangat penting. Cara merawat septic tank agar tidak cepat penuh selanjutnya adalah dengan menambahkan bakteri khusus untuk mengurai bahan organic di dalam septic tank. Lakukan penambahan bakteri secara rutin, sekitar 1 tahun sekali, agar jumlah bakteri di dalam septic tank anda tetap banyak. Sehingga penguraian terjadi dengan efisien, dan septic tank akan tidak cepat penuh.

  1. Lakukan Sedot WC Setiap Lima Tahun

    Septic tank diisi dengan limbah kotoran terus menerus setiap hari, maka wajar apabila volume nya akan penuh. Saat septic tank penuh ditandai dengan keluarnya bau tak sedap dari dalam kloset, kita dapat melakukan tindakan sedot WC. Pengurasan septic tank atau sering disebut sedot WC dilakukan setidaknya sekali dalam kurun waktu 5 tahun. Anda bisa memanggil petugas yang memiliki peralatan yang memadai dan ter standar untuk melakukan pengurasan. Harga yang diminta bervariasi sepenuhnya tergantung kebijakan masing-masing perusahaan penyedotan.

Dari ulasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa pentingnya merawat septic taank dengan benar. Karena jika kita tidak merawat dengan benar tentunya membuat septic tank akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Septic tank ini telah di gunakan di setiap  hotel, Mall, kantor termasuk rumah para pembisnis seperti Pengering Pakaian dan harga oven gas.

 Jadi jangan pernah ragu lagi menggunkan paroduk septic tank dan toilet portable dari kami. Karena kami menjual produk – produk berkualitas untuk info pemesanan bisa akses ke website kami di ipalbiosung.com

Satu tanggapan untuk “Penting Untuk Diketahui Cara Merawat Septic Tank Agar Tidak Cepat Penuh

Komentar ditutup.

error: Maaf Tidak Untuk Di Copas Mau Buat Website Dan Optimasi Website Hubungi IyanWeb.Com 0812-8410-4441