Inilah Cara Mengetahui Jenis-Jenis Septic Tank

Jenis-Jenis Septic Tank

Jenis-jenis septic tankJenis-jenis septic tank – Sebelum mengetahui jenis-jenis septic tank, alangkah lebih baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu septic tank. Septic tank merupakan saluran lubang yang menampung berbagai air limbah dan dapat menghancurkan tinja maupun fases ketika buang air besar. Dengan adanya saluran ini ditempat tinggal anda, maka kebersihan serta kenyamanan lingkungan sekitar anda bisa terjamin. Anda tidak perlu bingung lagi ketika berak atau pun buang air besar karena saluran ini mampu menampung kotoran tersebut. Selain itu kesehatan anda dan keluarga bisa lebih baik dan terjamin. Anda bisa terbebas dari yang namanya pencemaran lingkungan baik tanah, air maupun pencemaran udara.

Baca Juga : Toilet Portable Murah Dan Keunggulannya

Hal utama untuk mengetahui jenis-jenis septic tank yang bisa anda pilih sesuai kondisi dan keinginan. Anda bisa menyesuaikan jenis yang sekiranya sesuai dan pas untuk lingkungan sekitar tempat tinggal anda. Selain itu juga anda bisa memilih beragam kualitas dari septic tank tersebut. Ada sekitar 5 macam jenis septic tank yang perlu anda ketahui sebelum anda terlanjur untuk membuat dan membangunnya. Sekiranya perlu anda simak bahwa setiap jenis tersebut memiliki perbedaan tersendiri, baik dari segi bahan kualitas dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebelum anda membangun saluran septick tank, anda harus memikirkan jenis yang sekiranya sesuai dengan keinginan yang diharapkan. Berikut adalah jenis septic tank yang wajib anda ketahui. Yuk disimak pembahasannya!

  1. Septic Tank Konvensional

Salah satu cara mengetahui jenis-jenis septic tank adalah dengan melihat fungsi septic tank model Konvensional. Septic tank dengan jenis ini mengandalkan bakteri untuk menguraikan kotoran. Selain bakteri, cacing tanah yang timbul dari limbah tersebut juga bisa membantu penguraian. Septic tank Konvensional ini tidak terdapat sistem penyaring ataupun filter sehingga proses resapannya dipengaruhi oleh daya serap tanah. Ketika waktu penggunaan sudah berlangsung lama maka saluran septic tank tersebut akan penuh sehingga harus disedot. Selain itu saluran jenis ini tidak bisa dibangun berdekatan dengan sumur karena bisa mencemari air sumur tersebut.

  1. Septic Tank Bioseptik / Biologis

Pada septic tank jenis Biologis dan Bioseptik, limbah yang dihasilkan akan diurai hingga aman berupa cairan yang bersih. Untuk level 3 dapat dimanfaatkan dan dialirkan kealiran umum. Sehingga limbah pada saluran ini sudah di filter dan disaring untuk selanjutnya dibuang kesaluran kota. Sehingga hal ini yang membedakan antara jenis septic tank Biologis dengan septic tank Konvensional. Ada 2 golongan septic tank jenis ini yakni Fiberglass dan Beton.

  1. Septic Tank Fiberglass

Jenis-jenis septic tank salah satunya adalah jenis Fiberglass. Jenis ini memiliki 3 bagian, dimana fungsi dari bagian tersebut berbeda-beda. Pada bagian 1 yakni disebut Posporasi. Pada bagian ini limbah akan masuk pertama kalinya pada saluran septic tank. Untuk bagian ke 2 digunakan menyaring dan mengalirkan limbah yang dilengkapi media Biofilteriom. Media ini biasa disebut dengan rumah bakteri pengurai, dimana limbah akan diurai oleh Microorganisme. Pada bagian ke 3 digunakan sebagai tempat uraian limbah dan akan dialirkan keluar menuju saluran pembuangan umum. Sehingga menghasilkan air limbah level 3 yang ramah lingkungan.

  1. Septic Tank Biorich

Septic tank jenis ini merupakan bak ataupun tangki dimana bahan yang dipakai terbuat dari Fiberglass. Bahan ini memiliki media pengembang Microorganisme dan bakteri. Sehingga limbah akan diurai oleh bakteri tersebut. Septic tank jenis ini memiliki kualitas pengolahan limbah domestik yang sangat baik. Tak khayal sebagian dari masyarakat lebih memilih menggunakan septic tank jenis ini. Selain itu juga dilengkapi dengan media cell yang ganda dan berguna dalam mengurai dan menyaring limbah domestik menjadi ramah lingkungan.

  1. Septic Tank Beton

Septic tank jenis ini juga memiliki 3 bagian ruang namun memiliki beberapa perbedaan dengan septic tank jenis Fiberglass. Pada jenis ini akan ada penyaringan limbah pada bagian pertama dan memisahkan limbah maupun kotoran dengan menggunakan tissue. Pada bagian pertama ini disebut bagian Posporasi. Pada bagian kedua limbah yang dari bagian pertama akan diproses oleh bakteri. Sehingga limbah tersebut akan berwujud cair. Nah, ketika limbah sudah terurai bentuk cairan maka dialirkan kebagian ketiga untuk diendapkan dan diresap kedalam tanah.

Banyak yang sudah menggunakan produk ini sebagai septic tank seperti pembisnis mesin bakso dan alat olahraga di rumah masing-masing. Dengan menggunakan produk ini maka di rumah tersebut memiliki tampaungan untuk limbah dan tidak mengotori lingkungan di sekitar.

Jadi jangan pernah ragu lagi menggunkan paroduk septic tank dan toilet portable dari kami. Karena kami menjual produk – produk berkualitas untuk info pemesanan bisa akses ke website kami di ipalbiosung.com. Itu tadi adalah beberapa ulasan mengenai jenis septic tank yang perlu kiranya anda ketahui perbedaannya. Semoga bermanfaat.

 

Satu tanggapan untuk “Inilah Cara Mengetahui Jenis-Jenis Septic Tank

Komentar ditutup.

error: Maaf Tidak Untuk Di Copas Mau Buat Website Dan Optimasi Website Hubungi IyanWeb.Com 0812-8410-4441